Raih Ampunan Allah Ketika Berpuasa

Puasa adalah ibadah inti di bulan suci Ramadhan. Inilah yang difardhukan Allah swt kepada kita. Ini pula yang akan mengan tarkan kita kepada...


Puasa adalah ibadah inti di bulan suci Ramadhan. Inilah yang difardhukan Allah swt kepada kita. Ini pula yang akan mengan tarkan kita kepada derajat takwa seperti yang Dia sampaikan dalam firman-Nya. Karena itu, di sini kita harus memaksi malkan diri. Menjaga sebaik mungkin diri kita agar tidak terjebak ke dalam satu pun perbuatan tercela, yang bisa mengurangi ataupun menghilangkan pahala puasa yang kita kerjakan.

Di bulan Ramadhan, memang sangat banyak pilihan kebaikan yang bisa kita lakukan. Bahkan, meskipun sekadar amalan sunah, tetapi di bulan ini semua menjadi setara dengan ibadah-ibadah wajib di sisi Allah swt. Semua tentu karena keagun gan Ramadhan. Namun kita tidak boleh melupakan puasa kita. Puasa lebih pantas diutamakan dari segalanya tanpa harus meninggalkan yang sunah. Sebaliknya, yang sunah tidak pantas diutamakan se mentara puasa kita lalaikan. Tidak benar, jika kita sibuk berinfak atau memberi takjil bagi orang-orang yang berpuasa karena mengharap pahala puasa, misalnya, sedang kita sendiri tidak berpuasa, atau berpuasa tetapi tidak memuasakan mata, lidah, dan hati kita dari perkara-perkara yang haram. Kesempurnaan puasa haruslah menjadi prioritas utama di bulan ini.

Sebab melalui kita puasa yang benar itulah, maka Allah akan melimpahkan ke pada kita ampunan-Nya yang tak terhingga. Rasulullah saw menegaskan, "Barangsiapa yang menjalankan ibadah puasa karena iman dan mencari ridha Allah, maka di ampuni dosanya yang telah lalu."

Beliau juga bersabda, "Tidak ada seorang hamba yang berpuasa sehari di jalan Allah swt, kecuali dengan sehari itu Allah swt menjauhkan dirinya dari neraka tujuh puluh tahun." (HR. Bukhari dan Muslim)

Untuk itu, marilah kita mencari apunan Allah dengan memelihara puasa kita, men jaga ketulusan niat dan kesucian hati dari semua tujuan-tujuan negatif, agar puasa kita mendatangkan maghfirah dari Allah swt, serta menjadi syafaat bagi kita, nanti di hari akhirat, sebagaimana sabda Rasulullah saw, "Puasa dan Al Qur'an akan memberi syafaat kepada hamba pada hari kiamat. Puasa berkata, "Ya Rabb, aku telah mencegahnya dari makan dan syahwat di siang hari maka jadikanlah aku syafaat baginya." Al Qur'an berkata, "Ya Rabb, aku telah mencegahnya untuk tidur di malam hari maka jadikanlah aku syafaat baginya." Maka keduanya di izinkan memberi syafaat."

Selain itu, dalam bulan Ramadhan ada malam yang sangat istimewa, yaitu malam lailatul qadar. Lailatul Qadar, juga dikenal sebagai Malam Kedermawanan, adalah malam yang sangat istimewa dalam bulan Ramadan. Menurut ajaran Islam, malam ini dianggap lebih baik daripada seribu bulan yang lain. Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mendapat Lailatul Qadar:

  1. Melaksanakan I'tikaf : Memperbanyak ibadah di 10 malam terakhir Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil. I'tikaf sesuai sunnah yaitu dilaksanakan di masjid.
  2. Memperbanyak ibadah: Memperbanyak ibadah seperti shalat, membaca Al-Quran, dan berdoa pada malam-malam terakhir di bulan Ramadan dapat membantu Anda mendapatkan Lailatul Qadar.
  3. Berdzikir dan beristighfar: Berdzikir dan beristighfar merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama pada malam-malam terakhir di bulan Ramadan. Memperbanyak dzikir dan istighfar bisa membantu membersihkan hati dan meningkatkan kualitas ibadah.
  4. Berinfak: Berinfak pada malam-malam terakhir di bulan Ramadan juga bisa membantu Anda mendapatkan Lailatul Qadar. Infak bisa berupa zakat, sedekah, atau memberi makan orang yang berpuasa.
  5. Menghindari maksiat: Menghindari maksiat dan dosa pada malam-malam terakhir di bulan Ramadan sangat penting untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Sebaiknya mengisi malam dengan kegiatan yang bermanfaat dan tidak melanggar aturan Islam.
  6. Meningkatkan kebaikan: Meningkatkan kebaikan dengan membantu sesama, mengunjungi orang sakit, atau melakukan kebaikan lainnya juga bisa membantu Anda mendapatkan Lailatul Qadar.
  7. Mendoakan orang lain: Mendoakan orang lain pada malam-malam terakhir di bulan Ramadan juga bisa membantu Anda mendapatkan Lailatul Qadar. Doakan orang yang Anda sayangi, orang yang membutuhkan bantuan, dan orang-orang yang berjasa pada Anda.

Namun, perlu diingat bahwa waktu pasti Lailatul Qadar tidak diketahui oleh manusia, hanya Allah yang mengetahuinya. Oleh karena itu, teruslah beribadah dan berdoa dengan niat yang tulus dan berharap Allah memberikan kemudahan kepada kita untuk mendapatkannya.

 


COMMENTS

Nama

Article,27,Berita,2,English,10,Family,1,General,18,Grammar,6,Health,6,Islami,3,Literasi,14,Profil,1,Tips,10,umum,5,Vocabulary,5,
ltr
item
Gayoe Study Center: Raih Ampunan Allah Ketika Berpuasa
Raih Ampunan Allah Ketika Berpuasa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlZm2MBBm9Ai7MVN7mbcv-ImhiVueaZHSX4Kqcn7G_uUzfsFR_VroR_6cVz1PG2bk-qp1I5ljO_DZTab544vNdDvf89MyoZGPbx_5LKI0MbnqHUYMH-BoL6TONjbajdPpjXWw3Hx-0d-yIMVNl44InSWp-96sjSvbDQ3mh055qrGc_2_MlxDVYvPxUdw/w320-h236/Lailat%20al%20qadr.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlZm2MBBm9Ai7MVN7mbcv-ImhiVueaZHSX4Kqcn7G_uUzfsFR_VroR_6cVz1PG2bk-qp1I5ljO_DZTab544vNdDvf89MyoZGPbx_5LKI0MbnqHUYMH-BoL6TONjbajdPpjXWw3Hx-0d-yIMVNl44InSWp-96sjSvbDQ3mh055qrGc_2_MlxDVYvPxUdw/s72-w320-c-h236/Lailat%20al%20qadr.png
Gayoe Study Center
https://www.gayoestudycenter.com/2023/04/raih-ampunan-allah-ketika-berpuasa.html
https://www.gayoestudycenter.com/
https://www.gayoestudycenter.com/
https://www.gayoestudycenter.com/2023/04/raih-ampunan-allah-ketika-berpuasa.html
true
8182752772216581467
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content