Ciri-ciri Makhluk Hidup

Saat ini bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Belum ada satu planet pun selain bumi yang ditemukan adanya m...



Saat ini bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Belum ada satu planet pun selain bumi yang ditemukan adanya makhluk hidup. Meskipun dalam beberapa tahun ini para peneliti ruang angkasa menemukan adanya kehidupan kecil dari planet Mars namun masih perlu penelitian labih lanjut.


Makhluk hidup tentu memiliki karakter tertentu dalam menjalankan kehidupannya. Adapun ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut.

1. Bernapas

Bernapas adalah mengambil oksigen dari luar dan menggunakannya dalam tubuh untuk proses oksidasi dan mengeluarkan residu berupa karbondioksida dan air. Proses ini berlangsung alami. Tumbuhan bernafas melalui mulut daun (stomata) dan lentisel yang terdapat pada batang.

Dalam bernapas, hewan terbagi menjadi dua. Hewan invertebrata seperti Arthopoda bernapas melalui trakea atau corong hawa dan insang (bagi yang hidup di air), sedangkan Mollusca bernapas dengan insang dan paru-paru. Sementara hewan vertebrata seperti ikan bernapas dengan insang dan labirin, amfibi bernapas dengan paru-paru dan kulit, sedangkan reptile bernapas dengan paru-paru, burung bernapas dengan paru-paru dan kantong udara serta mamalia dengan paru-paru.


2. Bergerak    

Makhluk hidup sudah pasti bergerak. Meskipun tumbuhan tidak punya alat gerak, tapi tumbuhan tetap bergerak. Hewan memiliki pergerakan yang berbeda-beda, ada ikan yang bergerak dengan sirip, katak dengan 2 pasang kaki, reptil dengan 2 pasang kaki, burung dengan sayap dan kaki, sedangakn mamalia bergerak dengan dua pasang kaki, seperti sapi, kerbau. ada juga mamalia yang bergerak dengan sepasang kaki seperti monyet dan manusia.


3. Peka terhadap rangsang

Tumbuhan tumbuh kearah datangnya cahaya, hewan biasanya peka terhadap cahaya, lidah untuk mengecap, pasan, sentuhan, kulit untuk meraba, suara, telinga untuk mendengan dan indera penciuman untuk membau.


4. Memerlukan makanan

Tumbuhan dan hewan memelukan makanan untuk terus hidup. Masing-masing memiliki cara dan memakan makanan yang berbeda-beda. Tumbuhan membuat makanan sendiri dalam proses fotosintesis.


5.  Tumbuh dan berkembang

Tumbuhan berkembang dengan bertambah tinggi dan besar serta muncul bunga ataupun buah. Sedangkan hewan dan manusia bertambah tinggi, besar, dan organ reproduksi siap untuk proses reproduksi.


6. Berkembangbiak

Setiap makhluk hidup pasti berkembang biak. Tumbuhan berkembang malalui penyerbukan sehingga menghasilkan buah dan biji. Ada juga yang berkembang dengan spora ataupun membelah diri. Sedangkan manusia dan hewan secara generatif (kawin).


Demikian penjelasan tentang ciri makhluk hidup, semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

Article,27,Berita,2,English,10,Family,1,General,18,Grammar,6,Health,6,Islami,3,Literasi,14,Profil,1,Tips,10,umum,5,Vocabulary,5,
ltr
item
Gayoe Study Center: Ciri-ciri Makhluk Hidup
Ciri-ciri Makhluk Hidup
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh8qL-W5K2zcOIiiuAYgtoYnqopveDxDN7d6c4evAW9C6_rGnWf3J8NOT_SHmYDmLOIf8Zo_MIwYCZy0H9hIHY-XfetZol3MG72oR9ytzGCixPOm-9Yjz4XaOWM1UaqS3fVn1-ygUuwQVeC29BSXMzym38XNtn4IzNdVIP_iocLMBqmksvpt_409q8urA=w320-h292
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh8qL-W5K2zcOIiiuAYgtoYnqopveDxDN7d6c4evAW9C6_rGnWf3J8NOT_SHmYDmLOIf8Zo_MIwYCZy0H9hIHY-XfetZol3MG72oR9ytzGCixPOm-9Yjz4XaOWM1UaqS3fVn1-ygUuwQVeC29BSXMzym38XNtn4IzNdVIP_iocLMBqmksvpt_409q8urA=s72-w320-c-h292
Gayoe Study Center
https://www.gayoestudycenter.com/2021/11/ciri-ciri-makhluk-hidup.html
https://www.gayoestudycenter.com/
https://www.gayoestudycenter.com/
https://www.gayoestudycenter.com/2021/11/ciri-ciri-makhluk-hidup.html
true
8182752772216581467
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content