Berbagi dalam Keterampilan yang Kita Kuasai

  Perbedaan kemampuan dan keahlian yang diberikan Allah swt kepada masing masing kita, sesungguhnya adalah sarana yang sangat memungkinkan k...

 


Perbedaan kemampuan dan keahlian yang diberikan Allah swt kepada masing masing kita, sesungguhnya adalah sarana yang sangat memungkinkan kita untuk berbagi atau memberi sesuatu manfaat kepada kehidupan ini, bagi banyak orang. Allah swt sendiri tidak pernah membatasi apa yang harus kita lakukan, namun selalu memperhitungkan setiap apa yang bisa kita berikan.

 Dinamika kehidupan ini selalu memunculkan masalah-masalah baru. Dan kita tidak pernah tahu secara pasti bagaimana ia diselesaikan dan siapa yang akan memberi kontribusi untuk menyelesaikannya. Karena itu, setiap kita hendaknya mengasah kemampuan-kemampuan yang Allah berikan, mengelolanya dengan baik, terampil dan profesional, sehingga kita punya cadangan potensi untuk memberikan manfaat pada suatu masalah, meskipun kita yakin bahwa yang apa kita berikan belumlah mampu menyelesaikan masalah itu seutuhnya.

 Motivasi yang senantiasa mendorong kita untuk selalu berbuat dan memberi, adalah keyakinan kita pada perhitungan Allah yang selalu mengapresiasi setiap manfaat, bukan pada  terselesaikannya masalah yang ada. Rasulullah saw pernah bersabda, "Tiap Muslim wajib bersedekah." Para sahabat bertanya, "Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?" Nabi saw menjawab, "Bekerja dengan keterampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya, lalu ber sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim)

 Inilah yang diperlihatkan seorang Frederic Kanoute, untuk memberi kontribusi bagi agama bagi saudara-saudaranya yang seiman. Kanoute adalah seorang lelaki hitam berkebangsaan Mali kelahiran Prancis. Ia seorang pesepak bola yang mungkin namanya tidak begitu akrab di telinga kita, seperti kita mengenal Zinedine Zidane. Dia pernah bermain untuk klub Sevilla di La Liga Spanyol.

 Yang menarik dari seorang Kanoute adalah ketaatan dan kepeduliannya kepada Islam, agama yang dianutnya. Ketaatan itu ia tunjukkan dengan penolakannya memakai Jersey (kostum kebanggaan klub), karena Jersey tersebut menggunakan sponsor judi online. Ia pun dibolehkan memakai Jersey khusus tanpa logo sponsor.

 Sedang kepeduliannya, ia buktikan dengan memberikan gajinya selama seta hun, sebesar 700.000 dolar AS atau sekitar Rp 7 miliar untuk menyelamatkan masjid terakhir yang ada di Sevilla. Masjid tersebut sedianya akan dijual karena populasi Muslim di kota tersebut mulai punah. Pemerintah setempat pun akhirnya memberi nama tempat ibadah tersebut sesuai dengan nama sang pembeli.

 Wakil dari komunitas Islam Spanyol, berkomentar sesaat setelah Kanoute membeli masjid tersebut, "Jika tidak ada Kanoute, kami tidak akan beribadah pada hari Jumat lagi, di mana itu adalah hari yang suci bagi umat Muslim."

 Di saat Israel sibuk menggempur Gaza, Kanoute kembali memperlihatkan kecintaan dan solidaritasnya kepada saudara-saudaranya yang tertindas di sana. Usai menjaringkan bola ke ga wang Deportivo La Coruna, Kanoute membuka bajunya untuk memperlihatkan kaos dalamnya yang bertuliskan "Palestina", yang disaksikan puluhan ribu penonton di stadion, yang mungkin tak seorang pun sekeyakinan dengannya.

Aksi itu mendapat simpati dari perdana menteri Palestina, meskipun dia sendiri harus menerima kartu kuning dari wasit dan denda Rp 44 juta dari Federasi Sepakbola Spanyol, yang melarang pemain memamerkan pesan politik.

 Namun, sanksi itu dijawab Kanoute, "Itu adalah sesuatu yang saya rasa harus saya lakukan. Setiap orang mesti menunjukkan rasa ikut bertanggung jawab manakala terjadi ketidakadilan besar seperti itu. Seratus persen saya bertanggung jawab pada apa yang telah saya lakukan dan saya tidak peduli dengan sanksi (denda)."

 Bagaimana dengan kita, sudahkah kita berkontribusi dengan keahlian yang kita miliki? Semoga sudah!

COMMENTS

Nama

Article,27,Berita,2,English,10,Family,1,General,18,Grammar,6,Health,6,Islami,3,Literasi,14,Profil,1,Tips,10,umum,5,Vocabulary,5,
ltr
item
Gayoe Study Center: Berbagi dalam Keterampilan yang Kita Kuasai
Berbagi dalam Keterampilan yang Kita Kuasai
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw8-n5t97_V2BOT2Adt-sfFrvsADneQwqvBhRqHpjbJtYzvfWnIW59t0snWPyruWT-ulropUl4MxhtIHBs03aDFwNXQbQ7My-yUed9Rd6ZLy2rpEGyBoTAyKtKx7IHXVOp7PlkT06mPb9CRfp-Wvc81rb4UaNMPYjvMlj34Hnm-TwyEo-OoWqdMo-V-A/s320/library-1147815_1280.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw8-n5t97_V2BOT2Adt-sfFrvsADneQwqvBhRqHpjbJtYzvfWnIW59t0snWPyruWT-ulropUl4MxhtIHBs03aDFwNXQbQ7My-yUed9Rd6ZLy2rpEGyBoTAyKtKx7IHXVOp7PlkT06mPb9CRfp-Wvc81rb4UaNMPYjvMlj34Hnm-TwyEo-OoWqdMo-V-A/s72-c/library-1147815_1280.jpg
Gayoe Study Center
https://www.gayoestudycenter.com/2022/10/berbagi-dalam-keterampilan-yang-kita.html
https://www.gayoestudycenter.com/
https://www.gayoestudycenter.com/
https://www.gayoestudycenter.com/2022/10/berbagi-dalam-keterampilan-yang-kita.html
true
8182752772216581467
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content